Buka MPLS, Gubernur Ingatkan Ahlak Anak Didik dan Protokol Kesehatan

KBRN, Palangka Raya : Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran membuka secara resmi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk Jenjang SMA, SMK serta SLB se-Kalteng melalui virtual didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Mofit Saptono di Aula Jayang Tingang (AJT), Kantor Gubernur, Senin (13/7/20). 

Dalam kegiatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini meminta pihak sekolah, selain memberikan pelajaran, juga memperkenalkan peningkatan tentang etika, ahklak dan budi pekerti. 

Dijelaskan Sugianto, salah satu tujuan MPLS pendidikan nasional di antaranya mengajarkan akhlak, budi pekerti, bertanggung jawab, kreatif, mandiri dan menjadi bangsa yang lebih cinta kepada tanah air, termasuk juga pendidikan karakter, menciptakan generasi berakhlak mulia, pintar, cerdas dan berani. 

"Jangan sampai, generasi Kalteng ke depan mempunyai sifat dan sikap minder. Harus menjadi pemberani, jujur dan berakhlak. Kalau pintar tapi tidak berakhlak, itu percuma. Jadi harus punya karakter dan berahklak mulia, baik kepada guru, orang tua dan masyarakat,” tambah Sugianto. 

Dimasa pendemi seperti saat ini, Sugianto juga mengingatkan guru serta kepala sekolah, bisa lebih megawasi anak didiknya, terutama dalam hal meningkatkan kedisplinan dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan, pakai masker dan mengkonsumsi makanan bergizi. 

"Zona hijau silahkan bersekolah. Tapi tetap memperhatikan protokol Covid-19 dan diatur dengan baik agar terhindar dari paparan. Selain itu, dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan, pihak sekolah juga harus mempersiapkan sarana prasarana, apabila memang terjadi agar proses belajar mengajar tidak terganggu," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00