Hindari Percaloan, Disdukcapil Terapkan Layanan Terintegrasi

KBRN, Palangka Raya : Dalam rangka meningkatkan pelayanan optimal kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya, menerapkan kepengurusan dokumen kependudukan secara terintegrasi. 

Kepala Disdukcapil Palangka Raya Afendie kepada RRI mengatakan, semua kepengurusan akan dilakukan dalam satu tahapan, itu artinya lanjut Afendie, jika masyarakat mengurus satu produk saja di kantor Disdukcapil, akan mendapatkan beberapa dokumen kependudukan sekaligus. 

Afendie mencontohkan, seperti dokumen pernikahan, maka dalam hal ini banyak produk bisa dibuat langsung, misalnya mendapatkan E-KTP baru, perubahan status pernikahan serta kartu keluarga. 

"Disdukcapil berusaha dari hari ke hari membenahi dan memperbaiki kinerja kami. Harapan saya, kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya, wajib memiliki identitas, minimal KTP," tambah Afendie. 

Dirinya pun menegaskan dengan adanya kebijakan tersebut, masyarakat semakin terlayani dengan baik dalam waktu yang singkat serta menghindari percaloan yang akhir-akhir ini mulai meresahkan. 

Sementara itu salah seorang warga Jalan Riau, Kompleks Puntun, Norma, mengaku terbantu dengan adanya program dari Disdukcapil ini. Apalagi dengan kebijakan pengantaran dokumen kependudukan, salah satunya E-KTP langsung ke rumah dengan menggunakan jasa kantor pos. Norma juga mengharapkan, jika nantinya kepala dinas berganti, kebijakan tersebut tetap dilaksanakan, demi kenyamanan serta kemudahan bersama. 

"KTP juga bisa diambil di kelurahan. Sudah ada di kelurahan. Sudah mas saya cek," katanya singkat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00