Waspadai ISPA di Musim Pancaroba

KBRN,Palangka Raya : Penyakit Infeksi saluran pernapasan akut ISPA kerap menjadi ancaman masyarakat memasukim musim kemarau tahun ini selain penyakit menular lainnya sebagai pandemi saat ini covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Anjar Hari Purnomo kepada RRI  menyampaikan pencegahan dan pengendalian infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang cenderung menjadi epidemi dan pandemi di fasilitas pelayanan kesehatan Kota Palangka tetap di antisifasi oleh tenaga medis di Kota Palangka Raya dan saat ini yang juga menjadi kewaspadaan masyarakat, selain ISPA juga DBD,covid-19 ,Tifus, Leptospirosis,Diare,penyakit kulit juga Hepatitis A.

”Kondisi pancaroba saat ini berbagai macam penyakit akan bermunculan tidak hanya ISPA namun Kota Juga saat ini masih disibukan dengan persoalan covid-19,”Kata Anjar Hari Purnomo

Dikesempatan berbeda Kepala Seksi Pencegahan dan pengendalian penyakit menular Dinkes Kota Palangka Raya, Fransiska, menyatakan saat ini penyakit menular covid-19 menjadi fokus utama yang saat ini menjadi perhatian pemerintah selain penyakit lainnya seperti ISPA.

”Penyakit menular saat ini selain ISPA yang cukup membuat masyarakat kwatir adalah covid-19,”Jelas Fransiska.

Ditambahkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) merupakan penyakit yang mudah menular lewat udara, juga rentan menyerang warga masyarakat saat musim hujan. Penyakit ISPA ini banyak disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan mikroba lainnya. Gejala ISPA bisa dikenali lewat batuk, demam, sesak napas, nyeri dada dll. Masyarakat diminta untuk dapat segera mengobati saat mendapati tanda tersebut. Dan untuk mencegah penularan ISPA, maka masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membiasakan menggunakan masker atau menutup mulut saat batuk, dan tidak meludah di sembarangan tempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00