Kalteng Terima Bantuan Dua Mesin PCR dari Kunjungan Presiden Jokowi

KBRN, Palangka Raya: Provinsi Kalimantan Tengah menerima bantuan dua alat tes swab virus corona berupa Polymerase Chain Reaction (PCR) dari Pemerintah Pusat bersamaan dengan kedatangan Presiden Joko Widodo ke Palangka Raya.

Pada saat rapat terbatas lewat konferensi video, salah seorang dokter spesialis paru di RSUD Murjani Sampit mengajukan langsung kepada Presiden Jokowi untuk diberi bantuan alat PCR beserta reagen primer.

Presiden Jokowi langsung meresponi dengan berjanji akan mengirimkan bantuan PCR sesuai kebutuhan di Kotawaringin Timur. “PCR test segera akan kita kirim. Ini butuhnya berapa tadi? Satu cukup yang di Sampit?” ujar Presiden Jokowi.

Usai rapat  terbatas, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, mengatakan bantuan PCR tersebut akan diserahkan kepada daerah-daerah dengan kasus penularan Covid-19 yang tinggi.

“Tapi baru datang satu, satunya nyusul tanggal 10 Juli karena tidak muat. Itu akan segera dikirim selain PCR kita juga dapat reagen tadi. Pak presiden juga menyanggupi untuk membantu obat aluvia,” ujar Suyuti usai Rapat Terbatas bersama Presiden Jokowi, Kamis (9/7/2020).

Penyerahan bantuan alat PCR dari pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur selanjutnya dilakukan Pemprov Kalteng pada Jum’at (10/7/2020) siang.

Menurut Suyuti, Kalteng saat ini baru mampu melakukan pemeriksaan maksimal 300 sampel swab per hari. Sementara target Kalteng sesuai anjuran WHO minimal dilakukan 400 pemeriksaan per hari. Untuk itu, lanjut Kadinkes Kalteng, dibutuhkan kurang lebih 2-3 alat PCR lagi dari total yang sudah tersedia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00