KKN Mahasiswa UPR Dilakukan Via Daring, UMP Untuk Sementara Ditiadakan

KBRN Palangka Raya : Sebanyak 1.354 mahasiswa dari Universitas Palangka Raya (UPR) yang terbagi dalam 91 kelompok, mengikuti Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) sejak tanggal 28 Mei hingga 3 Juli 2020, melibatkan 6 fakultas kecuali MIPA dan kedokteran.

Menurut Rektor UPR Dr Andrie Elia SE M.Si, pelaksanaan KKN tahun 2020, tidak mengirimkan mahasiswa ke desa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat. Namun dilakukan dengan metode desk studi atau dalam jaringan (daring) untuk melindungi para peserta dan panitia serta dosen pembimbing, dari penularan covid-19, mengingat saat ini masih dalam masa pandemi. 

Meski demikian, lanjut Andrie, beban output yang diterima oleh setiap mahasiswa, tidak berbeda dengan KKN yang kerap dilakukan setiap tahunnya, karena sama-sama harus dipublikasikan secara ilmiah. Andrie pun berharap, mahasiswa dan dosen pembimbing, dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 

"KKN tidak harus bertemu dengan masyarakat, tapi konten-konten bisa dishare disampaikan kepada masyarakat oleh mahasiswa sendiri dalam melakukan tugas KKN nya," kata Andrie, Jumat (3/7/20).

Rektor juga menyoroti beberapa pemilihan judul skripsi setelah pelaksanaan KKN berakhir. Andrie pun menyarankan agar mahasiswa memilih isu aktual, misalnya berhubungan dengan pandemi yakni ketahanan pangan, kesehatan, inovasi atau tatanan kehidupan baru. 

Di tempat terpisah, Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMP) Dr Sonedi mengungkapkan, pihaknya meniadakan Praktik Kerja Lapangan (KKL), KKN, magang bahkan penelitian akademik. Untuk sementara, kegiatan mahasiswa semester atas tersebut digantikan dengan tugas lain yang setara atau metode yang sesuai dengan kondisi saat ini. 

"Kegiatan KKN dan praktik lapangan untuk sementara ditiadakan. Kepada dosen, bisa selalu mengingatkan mahasiswanya untuk tetap belajar serta menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran virus corona," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00