Meminimalisir Resiko Insan Pers Liputan Ditengah Pandemi

KBRN, Palangka Raya : Berawal dari keperihatinan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah terhadap anggotanya dilapangan yang rentan tertular virus corona pada saat meliput dilapangan, sehingga PWI Provinsi Kalimantan Tengah menggelar pelatihan bertajuk "Meminimalisir Resiko Insan Pers Liputan Ditengah Pandemi Covid19" didalamnya memberi pemahaman protokol kesehatan yang benar pada saat liputan dilapangan. Pelatihan digelar, Selasa (30/06/20) di Hotel Neo Palangka Raya.

Menurut Ketua PWI Kalteng, HM.Haris Sadikin masih banyak wartawan yang mengabaikan protokol kesehatan pada saat melakukan peliputan, "ada yang memakai masker tapi maskernya terbuka sampai didagu sehingga hidungnya tidak ditutup, selain itu sangat jarang sekali wartawan membawa hand sainatezer, padahal itu sangat membantu menghindari dari virus berbahaya itu," tuturnya.

"Seperti melakukan Pelatihan ini, kami memberi contoh melakukan pelatihan dengan menerapkan protokol kesehatan, membatasi peserta hanya diikuti 30 peserta saja, pelatihan agar tidak terkesan berkerumun, jaga jarak dan peserta wajib pakai masker," tandasnya.

Sementara salah satu peserta Pelatihan, Yundi mengaku senang mengikuti pelatihan ini, disamping menambah pengetahuan tentang pemahaman protokol kesehatan pada saat peliputan, menurutnya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi insan pers sehingga kedepan tidak ada wartawan yang terkena virus mematikan itu.

"Wartawankan kurang lebih seperti tim medis yang kononnya garda terdepan tapi rentan terkena corona, seperti itu wartawan rentan sekali tertular covid19, kan mobilitas wartawan saat bertugas sangat tinggi ditambah lagi berhadapan dengan narsum yang tidak bisa diprediksi kesehatannya, kita tidak tau narsum Orang Tanpa Gejala (OTG) atau tidak, sehingga sangat perlu kita dibekali seperti pelatihan ini, good job PWI,"imbuhnya.

Setelah dilakukan pelatihan ini intinya adalah diharapkan wartawan memahami standar protokol kesehatan pada saat menjalankan tugas dilapangan, kegiatan seperti ini juga didukung PWI Pusat dan Dewan Pers hal ini yang baik untuk digerakkan demi melindungi wartawan dari covid19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00