Sempat Ditutup karena Covid-19, Taman Budaya Kembali Dibuka untuk Pagelaran Seni Kalteng

KBRN, Palangka Raya : Setelah lama tutup karena pandemi Covid-19, akhirnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Kalimantan Tengah (Kalteng), memperbolehkahkan kembali aktivitas kegiatan seni di Jalan Temanggung Tilung XIII, Kompleks Teater Taman Budaya.

Kepala UPT Taman Budaya Suraji, mengatakan, kebanyakan pecinta seni budaya di Kalteng rindu mempromosikan kembali kebudayaan melalui gelar seni pertunjukan, meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Atas pertimbangan inilah, lanjut Suraji, pihaknya mempersilahkan para pelaku seni menampilkan beragam aksi kesenian dengan memanfaatkan fasilitas yang ada, namun tetap mentaati aturan protokol kesehatan.

"Terkait gelar budaya, kan per triwulan. Kita juga sambil mengevaluasi karena tetap menggunakan protokol kesehatan. Apa kah ini nanti bisa terus, kita melihat perkembangan," tambah Suraji, Selasa kepada RRI (30/6/20)

Secara terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan menyebut, tetap ada pembatasan bagi penonton. Menurut Guntur, ada upaya dari piihak UPT Taman Budaya nantinya, menyediakan fasilitas online agar masyarakat bisa menikmati seni pertunjukan melalui virtual, tanpa harus datang ke lokasi.

Ditambahkan Guntur, perlu adanya penyesuaian agenda seni pertunjukan, sehingga bisa sejalan dengan penerapan tatanan kehidupan baru. Kemudian pada akhirnya, kegiatan seni budaya bisa eksis dan bangkit kembali meski di tengah pandemi corona.

"Sudah mulai ramai ini. Kalau malam saya kira di Palangka Raya paling indah di tempat ini. Tinggal kafenya yang belum ada. Kemudian kuliner dan wisata. Teman-teman sambil latihan ada kafe serta kuliner, tempat ini memang kita mau padukan dan juga berdayakan untuk perputaran uang serta ekonomi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00