Rapid Test Massal Pemprov-Polda-Korem 102/Panju Panjung Berlanjut ke Kotim

KBRN, Palangka Raya: Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran, beserta Kapolda Kalteng, Danrem 102/Panju Panjung, dan Kajati Kalteng meninjau pelaksanaan Rapid Test (Tes Cepat) Covid-19 di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Selasa (2/6/2020).

Selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalteng, Gubernur Sugianto Sabran meminta adanya sinergitas antara kabupaten/kota dengan provinsi serta didukung oleh seluruh elemen dalam penanganan pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Bumi Tambun Bungai. Rapid test massal merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Gubernur dan rombongan lepas landas menuju Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan menggunakan helikopter. Setibanya di Bandara H. Hasan Sampit, rombongan Gubernur disambut Wakil Bupati Kotim Muhammad Taufiq Mukri beserta anggota Forkopimda Kabupaten Kotim. Selanjutnya Gubernur Sugianto menuju PPM Sampit untuk meninjau pelaksanan Rapid Test massal.

“Tujuan kami datang ke sini untuk melakukan Rapid Test massal, mencari sumber penyakit berasal dari mana,” jelas Gubernur di PPM Sampit, Selasa (2/6/2020).

Menyusul masih tingginya angka Positif Covid-19 di Kalteng yang saat ini menyentuh angka 400 orang lebih, Gubernur Sugianto kembali mengingatkan masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus secara massif. “Masyarakat harus disiplin mematuhi protokol kesehatan, rajin cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak, pakai masker,” tegas Gubernur Sugianto.

Kegiatan kali ini dirangkai dengan penyerahan bantuan 30 ribu pcs masker untuk Kabupaten Kotim. Sebanyak 15 ribu pcs masker diserahkan di PPM Sampit dan 15 ribu pcs sisanya akan diserahkan di PPM Samuda.

Di Sampit, bantuan belasan ribu masker tersebut diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kalteng kepada Wakil Bupati Kotim, Kapolda Kalteng kepada Kapolres Kotim, Danrem 102/Panju Panjung kepada Dandim 1015/Sampit, dan oleh Kajati Kalteng kepada Kajari Sampit.

Dalam pelaksanaan rapid test di Kotim disiapkan 2.000 alat rapid test untuk 2 lokasi, yakni PPM Sampit dan PPM Samuda. Seusai pelaksanaan Rapid Test massal di PPM Sampit, Gubernur Sugianto secara simbolis menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kepada 5 orang perwakilan pedagang, di mana hasil pemeriksaan menunjukkan hasil Non-Reaktif. (rilis dan foto: Biro PKP Setda Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00