Siapkan PSBB, Pemkab Kapuas Akan Terbitkan Perbup

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Kabupaten Kapuas akan segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Kamis 4 Juni mendatang. PSBB ini didasari atas kenaikan signifikan kasus positif Covid-19 di daerah tersebut. Pergub dan Perbup akan segera diturunkan untuk menajamkan realisasi PSBB di lapangan.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas, Junaidi , kepada RRI, Selasa (02/06/2020) mengungkap, pemerintah kabupaten bersama tim gugus tugas telah melakukan kajian dan pertimbangan mendalam atas meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kapuas serta memutuskan akan memberlakukan PSBB pada 4 Juni mendatang.

Sejumlah dampak sosial dan ekonomi yang akan timbul pada penerapan PSBB ini sudah dikaji matang jauh hari sehingga PSBB siap diberlakukan. Termasuk persiapan pemberian dana talangan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat jika PSBB diterapkan. Guna memastikan PSBB berjalan mulus sesuai skenario yang ada, Pemkab dan tim gugus tugas akan menurunkan keputusan PSBB ini dalam Peraturan Bupati. Sehingga PSBB ini nantinya bisa berjalan sesuai arahan dan rencana yang sudah disiapkan.

“PSBB ini juga akan diterapkan secara komprehensif dimana sejumlah bidang akan dibatasi seperti aktivitas dagang, usaha, ekonomi, tempat hiburan dan lain lain sehingga bersifat masif. PSBB ini juga akan melibatkan aparat penegak hukum dari jajaran Polres Kapuas dan juga tim Satpol PP untuk menindak tegas aturan dan juga melakukan edukasi dan pendekatan kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih jauh Junaidi mengungkap, PSBB ini akan terus dievaluasi sehingga diharapkan akan berjalan efektif dan tidak ada PSBB lanjutan dan berkepanjangan. Masyarakat diminta untuk ikut berperan dengan menaati segala anjuran dan arahan yang ada demi kepentingan bersama. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00