Satu Lagi Pasien Berusia di Atas 50 Tahun Berhasil Sembuh dari Covid-19

KBRN, Palangka Raya: Seorang pasien Covid-19 di Palangka Raya yang berusia 58 tahun telah dinyatakan sembuh.

Pasien ke-5 yang sembuh setelah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Doris Sylvanus tersebut adalah Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji.

Sebelumnya, identitas Kepala Disperkimtan Kota Palangka Raya sebagai pasien positif Covid-19 tidak dibuka untuk publik. Namun pada hari ia dinyatakan sembuh, Imbang bersedia membagikan kisahnya.

“Saya merasa tidak enak badan memang mulai dari Jakarta, kemudian belum sampai di rumah pada hari Sabtunya saya langsung ke Puskesmas yang ada di jalan Rajawali. Dan diagnosis awalnya gejala tifus,” kisahnya, Minggu (5/4/2020).

Sepulang dari Puskesmas, Imbang kembali ke rumah selama 3 hari. Kemudian karena masih belum juga sembuh Imbang diantar keluarganya ke RS Bhayangkara Palangka Raya.

Karena Imbang menunjukkan gejala Covid-19 seperti demam tinggi dan batuk, pada 19 Maret Imbang kemudian dirujuk ke RSUD Doris Sylvanus & menjadi Pasien Dalam Pengawasan. 

Selanjutnya pada 26 Maret Imbang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Menurutnya, hari-hari awal mengetahui dirinya positif Covid-19 sempat membuatnya sedikit emosional karena ada ketakutan istri dan anak-anaknya yang memiliki kontak erat ikut terjangkit.

Namun setelah keluarganya semua dinyatakan negatif, Imbang mengaku lebih termotivasi untuk menjalani pengobatan.

Dokter Spesialis Paru di RSUD Doris Sylvanus yang menangani Imbang, Itna Warnida, mengatakan sejak awal pasiennya memang sudah dicurigai terjangkit Covid-19.

“Pengobatan yang dilakukan standar, dari awal walaupun belum terkonfirmasi obat-obat sudah kami berikan, antibiotik juga dan pengobatan anti virus lainnya. Tapi memang yang paling penting untuk penyakit ini adalah imunitas kita. Jadi keyakinan kita, semangat kita, dan itu memang yang sangat bagus untuk pasien dan dilihat juga dari Bapak Imbang ya pak ya? Bapak sangat semangat,” ujarnya sambil bercakap dengan pasiennya yang sudah sembuh itu.

Setelah menjalani isolasi dan perawatan selama sekitar 17 hari, Imbang dinyatakan sembuh.

Direktur RSUD Doris Sylvanus, Yayuk Indriati, mengatakan bahwa pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan hasil negatif.

“Setelah kita lakukan perawatan baik itu oleh dokter spesialis paru dan tim yang ada di Rumah Sakit Doris Sylvanus ini, maka terkonfirmasi negatif dua kali pada tanggal 31 Maret (hasil negatif pertama), tapi kita bisa mengeluarkan pasien setelah konfirmasi ke dua,” katanya.

Pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh di Rumah Sakit Doris Sylvanus Palangka Raya sebanyak 5 orang, termasuk Kepala Disperkimtan Kota Palangka Raya, Imbang Triatmaji, yang berusia 58 tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00