Virus Corona Butuh Inang Untuk Susupkan Genetika

KBRN, Palangka Raya : Virus Corona masuk dalam kategori virus RNA dimana perkembangannya bergantung pada inang seperti halnya tubuh manusia. Namun orang yang menderita sakit Corona diyakini bisa sembuh dengan penanganan yang cepat dan tetap.

Kepada RRI, seorang dokter yang juga ahli virologi dr Nawan mengungkap, Corona masuk dalam kategori virus RNA yang memiliki perbedaan dengan virus DNA. Virus ini  tidak mempunyai mesin untuk mengolah dan berkembang biak serta  membutuhkan inang.  Ketika masuk ke inang, virus ini akan  menggunakan mesin yang ada di dalam sel yakni  reiboson untuk menyusupkan materi genetika. Penyusupan ini ini digambarkan seperti paku yang akan menempel lalu masuk ke sel dan paru paru. Setelah itu virus ini akan membuka bolanya dan melepaskan material genetika serta membuat dan  memperbanyak virusnya. Hanya saja penyakit yang ditimbulkan virus ini bisa disembuhkan asal tepat dan cepat khususnya pada tahap awal ketika menunjukkan gejala batuk, flu, dan demam ringan.

“Penularannya juga bisa dihambat dengan cara melakukan isolasi diri selama masa inkubasi yakni 15 hari”, jelasnya.

Lebih jauh, Nawan mengungkap virus ini tidak dapat menyebar dan menggandakan diri di dalam tubuh ketika stamina dan daya tahan tubuh seseorang dalam keadaan prima. Untuk itu masyarakat dianjurkan untuk menjaga diri dari stress dan kepanikan agar kekebalan tubuh tidak melemah. (NATA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00