Wabah Flu Afrika Ancam Peternakan Babi

KBRN,Palangka Raya : Wabah flu babi sudah menjangkiti 16 Kabupaten Kota di Sumatra Utara. Untungnya saat ini di Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangka Raya masih belum ada  peternak  babi yang melaporkan  ada hewan ternaknya yang terserang flu babi.

  drh. Ganjar yang juga selaku kepala Rumah Potong Hewan-RPH Kelampangan kepada rri Senin (270120) menyampaikan  peternak babi Kalteng harus memperhatikan daya tahan hewan ternaknya  seperti kandang babi yang harus memadai, dan perawatan setiap hari harus selalu di perhatikan juga ada pemberian vitamin.”Kondisi kandang dan kesehatan ternak babi perlu diperhatikan  untuk menghindari wabah African Swine-poin Fever -ASF  atau flu babi.”Terang drh. Ganjar

  Akibat kasus wabah  flu babi  -African Swine-poin Fever -ASF berdampak bagi peternak babi dan membuat kerugian, besar karena mengakibatkan kematian babi  di sejumlah wilayah di Sumatera Utara  kematian babi sudah mencapai lebih dari 42.000 ekor.

   Pemerintah daerah setempat belum bisa bergerak karena tidak ada dana darurat, sementara itu Perusahaan skala besar pun kini ikut terpuruk karena tidak bisa menjual ternaknya.(bella)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00