Forum Pengurangan Risiko Bencana Batingsor dan Karhutla Kalteng Dikukuhkan

KBRN, Palangka Raya: Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Provinsi Kalimantan Tengah dikukuhkan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, pada Kamis (16/01/2020) di Palangka Raya. 

Forum Pengurangan Risiko Bencana banjir, angin puting beliung dan tanah longsor (Batingsor) serta bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terdiri dari para pihak yang perhatian serius terhadap masalah bencana. 

Forum PRB ini menjadi wadah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi para pemangku kepentingan di Provinsi Kalimantan Tengah untuk memberikan sumbangsih dalam pelaksanaan dan keberlanjutan yang selaras dengan strategi PRB secara lokal maupun nasional.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Gubernur Habib Ismail Bin Yahya, menegaskan bahwa UU mengatur penanggulangan bencana merupakan urusan bersama. 

Lebih lanjut dikatakan,  semua pihak seharusnya terlibat dalam menekan dan mengurangi risiko bencana serta memperkecil dampak bencana. 

"Tanggung jawab tidak hanya dibebankan kepada pemerintah namun perlu juga dukungan dan partisipasi dari dunia usaha dan masyarakat," ujarnya. 

Usai pengukuhan Forum Pengurangan Risiko Bencana, dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman (MoU) penanggulangan bencana Batingsor dan Karhutla antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan sektor swasta yang diwakili GAPKI Kalteng dan Komda APHI Kalteng. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00