Petani Masih Bisa Panen Di Musim Kemarau

KBRN, Palangkaraya : Musim kemarau tak pengaruhi produktivitas petani di Kalimantan Tengah, terutama pada tanaman padi.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura Kalimantan Tengah Baini, SP.M.Ap. Lebih jauh dikatakan, berdasarkan pengalaman petani bercocok tanam, maka petani sudah memperhitungkan waktu dengan menanam padi saat musim hujan, sehingga tatkala memasuki musim kemarau sekarang ini, sejumlah petani justru memanen tanaman padi miliknya.

“Alhamdulillah petani petani kita  cukup berpengalaman menghadapi musim kekeringan  atau pergantian musim, disaat di daerah lain gagal panen, di kalteng justru sebagian besar sudah menikmati hasil bercocok tanam,” kata Baini kepada RRI Jum’at (20/9/2019)

Terkait Karhutla yang terjadi di Kalteng sedikit banyak mempengaruhi produktivitas tanaman petani, terutama pada jenis tanaman cabe dan bawang,  sebab tanaman tersebut memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Kendati demikian untuk tanaman padi tidak ada masalah, bahkan central produksi tanaman padi di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas berhasil panen setiap tahunnya. Pihaknya berharap karhutla bisa diatasi dengan cepat, agar target swasembada pangan di kalteng tidak terhambat

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00