Penambahan 2 Kunjungan Kapal di Pelabuhan Kumai Antisipasi Lonjakan Pemudik

KBRN, Palangka Raya: Aktivitas mudik Lebaran di Kalteng melalui jalur laut sudah terlihat mengalami peningkatan. Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Syahrani, mengatakan dari jadwal keberangkatan kapal reguler sudah ada penambahan 2 kunjungan kapal yang diselenggarakan PT. (Pelayaran Nasional Indonesia) Pelni. 

"Penambahan rute Kumai-Surabaya, dan Kumai-Semarang dari jadwal yang sudah ada. Tapi jumlah kapal yang beroperasi itu masih memenuhi permintaan masyarakat baik di Kumai maupun yang di Sampit," tuturnya pada Senin (26/5) di Palangka Raya. 

Bahkan menurut Syahrani penumpang di Pelabuhan Bahaur juga mengalami peningkatan. Pada Senin pagi sebanyak 324 orang diberangkatkan dari Pelabuhan Bahaur menuju Pelabuhan Paciran Jawa Timur. 

Selain penumpang, armada kendaraan seperti mobil, truk, bahkan truk fuso juga dibawa dari Bahaur Pulang Pisau Kalteng menuju Paciran Jawa Timur. 

Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan Kalteng mengatakan masyarakat banyak memilih mudik melalui pelabuhan Bahaur karena tiket di sana paling murah. Dengan harga subsidi pemerintah, tiket kapal laut di Pelabuhan Bahaur hanya sebesar 116 ribu rupiah per orang.

Dikatakan subsidi dari pemerintah pusat di Pelabuhan Bahaur untuk pembangunan fasilitas, pengadaan kapal serta operasional kapal senilai 13 milyar rupiah per tahun. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00