Wagub: Pramuka Tetap Relevan dan Ikuti Perkembangan Zaman

KBRN, Palangka Raya: Gerakan Pramuka selalu mengikuti perkembangan zaman dan mengajarkan untuk memiliki kepedulian sosial. 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah, Edy Pratowo, selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalteng usai menjadi pemimpin Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada Jum'at (19/8/2022). 

"Sekarang semangat di masa-masa kemajuan zaman ini kita isi dengan mengisi kemerdekaan. Salah satunya apa? Dalam rangka membantu petugas di lapangan mengendalikan Covid-19 kemarin. Salah satu. Kedua juga, gerakan Pramuka di masa sekarang harus bisa mengikuti zaman tapi juga tanpa menghilangkan nilai-nilai arti penting kepramukaannya. Semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, dan juga ceria berkarya. Saya rasa itu harus dilakukan," tuturnya. 

Saat Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Halaman Kantor Gubernur dilakukan penganugerahan tanda penghargaan gerakan Pramuka Lencana Melati, Lencana Dharma Bakti dan Lencana Pancawarsa. 

Wagub Edy Pratowo berharap penghargaan atas loyalitas, pengabdian dan kepedulian terhadap gerakan Pramuka tersebut dapat menjadi motivasi bagi pihak yang menerima maupun yang belum menerima. 

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Abdimas dan Humas Kwarcab Pulang Pisau, Sri Aji, sebagai salah seorang penerima tanda penghargaan gerakan Pramuka Lencana Melati mengaku bangga karena bisa menerima penghargaan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

"Dan sebetulnya itu bukan segalanya yang penting jiwanya pramuka, tapi yang pasti dengan adanya penghargaan Lencana Melati ini adalah suatu kebanggaan buat anggota pramuka dewasa yang memang mengabdi sekian tahun di organisasi kepramukaan itu sendiri jadi tentunya sangat bahagia, sangat senang dengan penghargaan itu dan itu semua harapan semua kakak-kakak pembina dan pun pelatih pramuka dewasa," ujarnya.  

Sri Aji mengatakan sudah bergabung dalam gerakan Pramuka sejak duduk di bangku SD. Menurutnya, sampai kapan pun ia akan mencintai Pramuka. Sebab organisasi Pramuka, lanjutnya, telah mengajarkan banyak nilai-nilai positif diantaranya toleransi dan rasa kepedulian terhadap sesama. 

Penerima tanda penghargaan Lencana Melati Kwarda Kalimantan Tengah sebanyak 6 orang diantaranya Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kotawaringin Timur Halikinnor dan Pelatih Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara Sapto Nugroho.

Selanjutnya, tanda penghargaan Lencana Dharma Bakti diberikan kepada 10 orang diantaranya Ketua Kwarda Kalteng Yulistra Ivo Azhari dan Ketua Mabicab Lamandau Hendra Lesmana. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar