Dalam Rapat Kerja DAD Kalteng, MADN Tegaskan Dukungan IKN Kaltim

KBRN, Palangka Raya : Di momentum hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun, Bangsa Dayak sekali lagi menyampaikan kata sepakat mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan tepatnya di Kalimantan Timur. 

Dukungan ini ditegaskan oleh masyarakat Dayak saat Rapat Kerja Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah yang dihadiri oleh Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (16/8/22). 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) MADN, Yakobus Kumis, sejak awal pihaknya sepakat bahwa pemindahan IKN akan berdampak terhadap kehidupan di Kalimantan, termasuk Suku Dayak merupakan masyarakat asli yang lebih awal mendiami Bumi Kalimantan atau Borneo. 

Melalui kesepakatan dukungan inilah, dirinya berharap tidak ada lagi oknum-oknum yang mengatasnamakan Dayak secara diam-diam maupun terang-terangan menolak keberadaan IKN di Kalimantan Timur. 

"Tidak ada sama sekali penolakan. Kita justru mendukung. Karena kita ingin juga kue pembangunan efek dari IKN. Bagaimana kita mampu ikut ambil bagian. Oleh karena itu jangan keberadaan IKN ini justru membuat bencana bagi masyarakat kita. Nah kita tidak mau ibaratkan kita asli penduduk Kalimantan, seharusnya menjadi tuan malah menjadi tamu," ungkapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar