Kasus Perceraian Di Palangka Raya Meningkat 300 Pengajuan Cerai Tahun 2022 Ini

KBRN,Palangka Raya : Pengadilan Agama Palangka Raya mencatat terjadi tren kenaikan kasus perceraian di Kota Palangka Raya dari tahun ke tahun. Meski tidak signifikan namun angkanya selalu naik sekitar 1 persen per tahun.

Ketua Pengadilan Agama Palangka Raya, Norhayati saat menghadiri kegiatan sidang isbat dan akad nikah di Kecamatan Pahandut,senin (150822) mengatakan, untuk tahun ini saja ada sekitar 300 pasangan yang mengajukan cerai. Permohonan ini terbagi atas cerai gugat dan cerai talak.

Permohonan cerai talak merupakan perceraian yang diajukan oleh suami. Sementara gugatan perceraian yang diajukan oleh istri disebut cerai gugat. "Sampai dengan Agustus ini ada sekitar 300 pengajuan, kalau dibanding tahun lalu memang ada peningkatan tapi tidak signifikan," kata Norhayati

Alasan perceraian ini kata dia, dilatarbelakangi persoalan yang beragam, namun secara umum atau garis besarnya rata-rata pasangan sering mengalami pertengkaran. "Bertengkarnya karena apa kita tidak bisa menyebutkan sekarang karena harus melihat data di permohonan dan pengakuan dalam sidang tertutup," ujarnya.(Borneo News)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar