Kalteng Tahun Ini Tanam Benih Bawang Merah dari Pusat di Lahan 40 Ha

KBRN, Palangka Raya: Provinsi Kalimantan Tengah tahun ini mendapat bantuan benih bawang merah berupa biji untuk dikembangkan di lahan seluas 40 hektare (ha) di Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi, mengatakan bantuan benih bawang merah berupa biji dari pusat akan disertai pendampingan dari pihak distributor. Diharapkan petani di Kalteng dapat belajar teknologi budidaya bawang merah mulai dari proses persemaian sampai panen agar memperoleh hasil yang maksimal.

"Kita kawal sama-sama untuk 40 ha yang di Pulang Pisau. Saya optimis saja karena petani kita memang kita siapkan untuk tanaman bawang merah. Jadi mungkin teknologinya baru. Nanti akan didampingi dari distributor," ujarnya.

Riza Rahmadi mengakui kesulitan petani Kalteng tidak hanya pada saat proses menanam bawang merah tetapi juga saat pasca panen. Bagi petani yang lokasi lahannya dekat dengan pasar memang lebih mudah menjual bawang merah dalam kondisi basah.

Sementara bagi yang jauh dari pasar akan lebih sulit karena harus melakukan proses pengeringan bawang. Menurut Kepala Dinas TPHP Kalteng, tempat untuk mengeringkan bawang ini belum dipunyai kebanyakan petani Kalteng.

Diharapkannya, petani yang sudah mendapat bantuan benih bisa mengembangkan budidaya bawang merah dan hasil panennya bisa disisihkan untuk benih bagi penanaman berikutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar