Ketua DPRD Silaturahmi Kapolda Agar Masyarakat Penambang Emas Tak Terus Diburu

KBRN, Palangka Raya : Menanggapi permintaan para penambang emas tradisional agar tidak terus diamankan aparat penegak hukum, Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno berjanji akan membahas tuntutan warga tersebut, dengan melakukan rapat bersama dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) serta kepolisian dan hasilnya segera disampaikan kepada perwakilan penambang emas. 

"Saya sudah silaturahmi dengan Kapolda Kalteng terkait permintaan para penambang emas rakyat ini. Diterima dengan baik kemudian akan dilihat dulu. Saya berharap bupati dan gubernur bisa menyediakan lokasi bagi penambang tradisional agar tidak selalu diburu oleh aparat," ungkapnya. 

Sementara itu di tempat terpisah, anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Untung J Bangas, mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat di wilayah setempat pasca digelarnya razia PETI. Mengingat sebagian besar mata pencaharian masyarakat di daerah ini mencari emas. 

Oleh karena itu, dirinya meminta perhatian dan solusi dari pemerintah kabupaten karena ini menyangkut makan, mata pencaharian dan penghidupan utama masyarakat para penambang emas. 

"Sebanyak 80 persen warga di Gunung Mas ini mencari emas. Jadi selama razia sebulan ini warga tidak memiliki mata pencaharian sehingga pemerintah diharapkan mencari solusi. Entah itu di sektor pertanian dan lainnya," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar