Upaya Intensifikasi Pelayanan KB Di Faskes Melalui TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Di Gumas

KBRN, Palangka Raua : Dalam rangka pertemuan koordinasi Plt kepala perwakilan BKKBN Kalteng yang diwakili Sub Koordinator Bina Akses dan Kualitas Pelayanan KB Muhammad Hidayatollah, S.Psi, M. Si, Sub Koordinator Kesehatan Reproduksi (Kespro), Erik Pranata, S.Psi dan Dr.Amalia Dwi S., M.Publichealth, bersama Ketua Tim Penggerak PKK Gunung Mas Mimie Mariati Jaya S.Monong, SE , Kepala dinas DP3AP2KB Gunung mas  dr. Maria Efianti beserta Jajaran, Camat Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Pj. Kades Dandang, Danramil 1016/08 Kec. Kahayan Hulu Utara dan Peserta pelayan KB

Dalam sambutannya dr. Maria Efianti menekankan pentingnya revitalisasi program pembangunan keluarga,kependudukan dan keluarga berencana ( Bangga Kencana)  merupakan prioritas pembangunan nasional untuk mencapai tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) dan lebih dari itu pembangunan keluarga berkontribusi bukan hanya untuk membatasi kelahiran, namun untuk meningkatkan kualitas manusia diantaranya peningkatan gizi ibu dan anak, mutu tenaga kerja, produktivitas sdm, tingkat pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan.

" Sasaran umum program bangga kencana adalah meningkatkan kualitas kesehatan reproduksi, terkendali nya laju pertambahan penduduk dan meningkatkan ketahanan keluarga serta terbangunnya kelembagaan dan jaringan pengelola program KB di setiap lini lapangan," ungkapnya, Sabtu (13/08/2022).

Dalam kesempatan yang sama Tim penggerak PKK Gunung Mas Mimie Mariati Jaya S. Monong, SE, mengemukakan bahwa Tim penggerak PKK turut andil dalam bidang Kesehatan dan KB, pelayanan posyandu,sosialisasi tanaman obat keluarga dan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualias keluarga di Kab. Gunung Mas 

" Tim penggerak PKK selama ini selalu mengampanyekan program Bangga Kencana agar keluarga sebagai unit terkecil merupakan pondasi dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas Program bangga kencana erat kaitan nya dengan tugas fungsi PKK yaitu menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat menjadi keluarga sejahtera melalui 10 program PKK seperti penghayatan dan pengembangan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana Rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan hidup berkoperasi, kelestarian lingkup hidup dan perencanaan sehat," terangnya.

Ketua Tim penggerak PKK mengajak ibu-ibu PKK berperan aktif dalam program PKK yang tidak hanya berfokus pada masalah kependudukan dan KB saja, namun pembangunan keluarga di mulai dari rencana keluarga yang baik dengan ikut serta dalam kegiatan seperti Bina Keluarga Balita (BKBHI) dan berperan dalam percepatan penurunan angka stunting. 

Dalam kegiatan dimaksud juga dirangkai dengan pelayanan KB gratis untuk pasangan usia subur di desa Dandang dan desa Tumbang Pesangon dimana   lebih dari 50 akseptor suntik dan implan berhasil dilayani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar