Harga Jual Buah Sawit Mulai Naik Rp 1.500 Perkilo

KBRN, Palangak Raya : Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Kalteng Apkasindo Hatir Sata Tarigan menyambut baik dengan naiknya harga jual buah kelapa sawit di tingkat petani kepada para tengkulak, setelah sebelumnya sangat anjlok di bawah harga Rp 1.000Hatir menyebut, aksi damai yang digelar sejumlah kelompok sawit, membuahkn hasil dan didengar oleh pemerintah pusat, sehingga mengeluarkan kebijakan menaikan harga jual buah kelapa sawit 1.500 perkilonya.

"Kami  terus mengawal kebijakan pemerintah dan berharap harga jual kelapa sawit kembali naik, pasalnya harga pupuk juga melambung tinggi, selama ini tiap kali panen hanya sebanding dengan harga pupuk yang melambung tinggi, bahkan cenderung merugi. untuk itu pemerintah melalui dinas terkait lebih peka dengan nasib petani sawit mandiri, karena mereka terkendala modal dalam mengembangkan tanaman sawit," Kata Hatir. Senin (8/8/22)

Hal senada diakui Petani sawit mandiri Joko Santoso. Ia mengeluhkan harga pupuk yang melambung tinggi disaat anjloknya harga jual kelapa sawit.pihaknya bersyukur aksi damai yang digelar membuahkan hasil, sehingga harga sawit kembali menunjukka  tren kenaikan, meskipun belum signifikan.

"harapannya harga sawit kembali diharga 2.000 perkili, mengikuti pasar dunia," Tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar