Sapi Terpapar PMK Masih Bisa Sembuh

KBRN, Palangka Raya : Ratusan sapi yang tertular PMK didatangkan peternak tanpa melalui prosedur yang dtelah ditetapkan pemerintah, membuat Palangka Raya ditetapkan Zona Merah.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalimanan Tengah Paturrahman mengatakan, wabah PMK tidak menular kepada manusia, tetapi antar hewan, makanya sapi yang dinyatakan terpapar harus dipisahkan dengan sapi lainnya.

"Gerakan vaksinasi harus gencar dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh ternak, sebab penanganan wabah PMK hampir mirip dengan covid 19. Diharapkan para peternak, dapat terus memperhatikan kesehatan sapi dan kambing baik di dalam maupun di luar kandang," Kata Patur. Senin (4/7/22)

Kendati Palangka Raya ditetapkan zona merah, kebutuhan hewan kurban terpenuhi sebanyak seribu lebih, sejumlah sapi tersebut didatangkan dari zona hijau antara lain Sulawesi, NTT, dan Bali, serta melalui prosedur yang benar yakni karantina 14 hari, hal inilah yang membuat harganya sapi melonjak naik per ekornya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar