Bupati Lamandau secara simbolis serahkan dana bagi hasil produksi kebun masyarakat

KBRN, Lamandau: Bupati Lamandau H. Hendra Lesmana hari ini secara simbolis menyerahkan penyaluran dana bagi hasil produksi kebun masyarakat Yang di bangun oleh  PT. Mahardika Graha Dan PT. Graha cakra mulia di gedung GPU Lantang Torang Kabupaten Lamandau, Senin (4/7/2022).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lamandau, Waki Ketua 1 DPRD, Kapolres, Kajari Lamandau, Dandim 1017/Lmd, Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pimpinan/Perwakilan dari PT. SMG dan CGM, Camat Bulik, Camat Lamandau, Camat Belantikan Raya dan delapan kepala desa serta tiga ketua dan pengurus koperasi.Tiryan kuderon kepala dinas Distakan Lamandau dalam sambutannya mengatakan mengatakan,Verifikasi Usulan CPCL dilaksanakan sejak 2018, 2020, 2022 terhadap Kebun Plasma/Kemitraan seluas 2.044,73 Ha, yang terdiri Kebun Plasma Koperasi Subasena Sepakat Bersama seluas 806,95 Ha, Kebun Plasma Koperasi Lamandau Mulya Bersatu seluas 855,25 Ha, dan Kebun Plasma Koperasi Graha Mitra Bakuba seluas 382,53 Ha.

Tiga koperasi yang menerima diantaranya adalah Koperasi Subasena Sepakat Bersama, Koperasi Lamandau Mulya Bersatu, dan Koperasi Graha Mitra Bakuba mencakup delapan desa diantaranya Desa Penopa, Desa Sekoban, Desa Bakonsu, Desa Suja, Desa Nanga Belantikan, Desa Sungai Buluh, Kelurahan Nanga Bulik, dan Desa persiapan Liku Mulya Sakti.

Bupati Lamandau H Hendra Lesmana dalam sambutannya mengatakan,Penyaluran Dana Bagi Hasil produksi kebun masyarakat yang dibangun oleh PT SMG DAN PT GCM Kepada Anggota tiga koperasi tersebut Sesuai Amanat Peraturan menteri pertanian 98/permentan/ot.140/9/2013 perizinan usaha tentang perkebunan dan pedoman peraturan pemerintah nomor 26 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang pertanian bahwa perusahaan perkebunan yang mengajukan izin usaha perkebunan atau IUP dengan luas 250 Ha atau Lebih berkewajiban memfasilitasi pembangunan kebun masyarakat sekitar dengan luasan paling kurang 20% (dua puluh per seratus) dari luas areal yang diusahakan. 

Secara simbolis Bupati Lamandau hari ini Menyerahan Dana Bagi Hasil produksi kepada 1.573 Penerima, nilainya kurang lebih 10 Milyar dan buku tabungan, Atm serta launching kartu tanda anggota koperasi kepada tiga koperasi yang merupakan hasil akhir dari penetapan calon petani calon lahan (CPCL) kebun kemitraan PT. SMG dan PT. GCM dengan desa-desa disekitar kebun. Program Fasilitasi Pembangunan kebun masyarakat ini, sebagai upaya pemerintah dan dunia usaha (investor) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar kebun, untuk itu perlu kita dukung bersama dan manfaatkan kesempatan kerjasama ini dengan sebaik-baiknya sehingga kedua belah pihak yang bermitra harus memegang prinsip saling menguntungkan dari kerjasama tersebut. 

Penyaluran Dana Kepada Anggota koperasi dilakukan secara non tunai dengan harapan dana yang disalurkan tepat sasaran kepada anggota berhak. Dirinya Berharap Pengurus koperasi maupun anggota koperasi tidak memperjual-belikan atau mengalihkan hak atas kartu tanda anggota (KTA) koperasi kepada pihak lain.Dengan Disalurkannya Dana Bagi hasil ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, meningkatkan daya beli dan mengurangi tingkat kemiskinan serta meningkatkan peredaran uang di masyarakat.Terkait Kepatuhan Terhadap Pemenuhan Kewajiban tersebut Bupati Lamandau mengapresiasi kepada PT. SMG Dan PT. CGM yang telah memenuhi kewajiban dalam memfasilitasi pembangunan di sekitar kebun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar