Warga Diajak Ambil Daging Kurban Pakai Wadah Ramah Lingkungan

KBRN,Palangka Raya : Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah mengajak masyarakat menggunakan wadah yang ramah lingkungan saat menerima daging kurban pada Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah tahun ini. "Masyarakat atau panitia kurban bisa mengunakan wadah yang ramah lingkungan seperti bakul yang terbuat dari anyaman bambu, bakul dari anyaman purun atau daun pisang yang mudah dijumpai di sekitar kita," jelas umi Senin (040722)

Sebelumnya telah diterbitkan edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Iduladha tanpa sampah plastik. Edaran ini menindaklanjuti surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022. Larangan ini adalah langkah serius pemerintah daerah, dalam memberikan keamanan peredaran makanan, khusunya daging kurban saat diedarkan ke masyarakat yang menerimanya. Hal ini mengingat kantong plastik khususnya yang warna hitam merupakan hasil olahan limbah yang tidak diketahui asal-usulnya.

Bisa saja dari bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, limbah logam berat yang sangat berbahaya apabila digunakan sebagai pembungkus makanan. "Mari gunakan yang ramah lingkungan sebagai langkah dalam mengurangi limbah atau sampah yang dihasilkan dari plastik, sebab limbah tersebut tidak mudah terurai bahkan hingga ratusan tahun," tutupnya. (Borneo News)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar