Gelar Seni Budaya Kalteng untuk Bangkitkan Ekonomi Kreatif

KBRN, Palangka Raya: Sebagai upaya menumbuhkan rasa kesetiakawanan dan rasa kegotongroyongan sesama pelaku seni budaya di Kalteng serta memudahkan dalam melestarikan seni budaya daerah, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT Taman Budaya menggelar Seni Budaya Tahun 2022.

Kepala UPT Taman Budaya Kalteng, Suraji, mengatakan perjuangan para pelaku seni budaya sekarang adalah mengembalikan rasa cinta budaya kepada generasi penerus.

“Melalui gelar seni budaya semoga terlihat nusantara mini khususnya di Taman Budaya ini dan Kalteng pada umumnya,” tutur Suraji di Gedung Pertunjukan Terbuka, UPT Taman Budaya Kalteng beberapa waktu lalu.

Suraji mengatakan pembangunan sektor kebudayaan di Kalteng secara umum dalam rangka mendukung misi kepala daerah yaitu meneguhkan Kalteng yang beriman, berbudaya dan berkesetaraan gender, dengan tujuan kebudayaannya adalah meningkatkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sosial budaya bermasyarakat.

Disampaikan bahwa sanggar paguyuban atau komunitas yang tampil pada gelar seni budaya kali ini yakni sanggar seni tari Durut Riwut Taheta, sanggar Bawi Bahalap, Rimbunan Mahasiswa Papua, sanggar kesenian daerah Sumbu Kurung Kabupaten Pulang Pisau dan Paguyuban Urangayu Budaya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng, Hj. Adiah Chandra Sari, para pejabat di lingkungan Disbudpar Provinsi Kalteng serta para tamu undangan.

Gelar seni budaya dapat disaksikan secara langsung dan live streaming melalui channel youtube UPT Taman Budaya Kalteng. (Sumber: MMCKalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar