Petani dan Peternak Hadapi Peralihan Musim Perlu Bimbingan

KBRN,RRI Palangka Raya : Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Jumatni meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk melakukan bimbingan kepada petani dan peternak dalam menghadapi peralihan musim ini.

Menurutnya, peralihan musim seperti ini bisa membawa banyak kerugian bagi petani maupun peternak karena banyaknya potensi penyakit yang menyerang. Hal ini akan berdampak pada penurunan produktivitas usaha yang dikembangkan. "Peranan pemerintah melalui dinas terkait juga sangat diperlukan terutama penyuluhan tentang bagaimana menyikapi kondisi musim peralihan seperti ini agar meminimalisir kerugian," katanya, Kamis, (300622).

Politisi PAN itu mengatakan, belakangan ini sektor pertanian dan peternakan menghadapi beberapa kendala, misalnya petani bawang yang mengalami penurunan hasil panen. Begitu juga peternakan ayam yang baru saja diserang virus tetelo. "Pada saat seperti ini pemerintah harus hadir memberikan solusinya. Paling tidak mereka punya pengetahuan bagaimana nanti kalau tahun selanjutnya ada kendala lagi," ujarnya.

Di sisi lain, ia mengapresiasi sejumlah kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung produksi pertanian dan peternakan. Salah satunya rencana pelaksanaan kredit melawan rentenir yang dianggarkan sebesar Rp1,5 miliar khusus sektor ketahanan pangan. (Borneo News)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar