3.500 Tekon Kotim Akan Dihapus

KBRN, Palangka Raya : Ke depan akan terjadi pergeseran tenaga kontrak (tekon) yang telah dinyatakan memenuhi syarat atau lulus tahapan seleksi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim). 

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim, Komarudin Makalepu. 

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengisi kebutuhan yang sangat mendesak, terutama tenaga kesehatan dan guru. Namun sesuai jabatan yang sangat dibutuhkan yang belum tersedia dalam Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Seluruh tekon harus mengikuti tes dan bagi yang dinyatakan lulus akan mengisi posisi diperlukan oleh pemkab. Kami menjadwalkan pada tanggal 29 Juni sudah dilakukan penetapan tekon yang telah mengikuti seleksi secara tertulis maupun kinerja dan disiplin," ujarnya.

Seperti diketahui, sebanyak 3.500 tekon di Kotim mengikuti evaluasi melalui tes. Dari jumlah tersebut, 2.700 mengikuti seleksi tertulis dan 800 tekon mengikuti evaluasi berdasarkan kinerja dan kedisiplinan.

Evaluasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat tentang penghapusan tekon.

Namun Pemkab Kotim hanya melakukan pengurangan. Setidaknya sekitar 1.000 tekon yang akan diberhentikan kontraknya berdasarkan hasil seleksi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar