6 SOPD Kota Palangka Raya Dukung Pengembangan PAUD Holistik Integratif

KBRN, Palangka Raya : Pemko Palangka Raya berkomitmen untuk menjalankan pengembangan PAUD Holistik Integratif. Salah satu upayanya yakni melakukan penandatangan kesepakatan dari 6 Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dan satu Instansi vertikal. SOPD ini terdiri atas Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bappeda, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kemenag. Penandatangan kesepakatan dilakukan seusai sosialisasi pengembangan PAUD dengan layanan Holistik Integratif di aula rumah jabatan Wali Kota, Senin (27/6/2022).

Plt Kepala Dinas Pendidikan Palangka Raya, Jayani mengatakan, kesepakatan itu dilakukan karena pengembangan PAUD tidak bisa hanya dari satu sisi saja. Namun agar hasilnya maksimal maka diperlukan dukungan semua sektor agar mencapai holistik dan integratif.“Pengembangan dan perlindungan terhadap anak usia dini tidak hanya di sekolah, tapi juga mulai dari lingkungannya, kesehatannya, pendidikan hingga perencanaan yang disiapkan pemerintah daerah,” katanya.

Dia mengatakan, pengembangan anak usia dini holistik dan Integratif adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan dan sistematis.

“Holistik artinya penanganan anak usia dini secara utuh yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak,” tutupnya. (SUMBER : MEDIA CENTRE PALANGKARAYA / MC. Isen Mulang/Nitra/wspd)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar