Kadisdik Kalteng: PPDB Online Hindari Calo

KBRN, Palangka Raya: Penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk SMA/SMK dan SLB se-Kalteng dimulai hari ini. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Achmad Syaifudi, mengatakan PPDB untuk sekolah negeri di 14 kabupaten/kota serentak mulai 27-30 Juni 2022 baik secara online maupun offline. 

Menurutnya, PPDB secara offline dilakukan di sekolah-sekolah yang berada di daerah blank spot.

Kepala Dinas Pendidikan Kalteng mengatakan pendaftaran peserta didik baru secara online menjawab kebutuhan di era digitalisasi. Sistem PPDB online sudah berjalan empat tahun ini. 

Menurutnya, PPDB secara online ini juga untuk mengurangi kesempatan oknum yang ingin meraup keuntungan dari orang tua calon peserta didik. 

"Justru kita dengan online ini menghindari itu menghindari calo, menghindari guru-guru yang nakal gitu ya. Nah ini makanya ada online seperti ini kalau pengawasan ya mungkin lebih lebih pas kalau online ini jadi bisa diawasi gitu dan ya namanya manusia membuat sistem pasti ada kelemahan-kelemahannya. Nah mungkin di situlah kita nanti akan melakukan evaluasi," ucapnya, Senin (27/6/2022). 

Achmad Syaifudi menjelaskan PPDB tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, untuk SMA masih melalui konsep jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua atau wali dan prestasi. Persentasenya, kuota untuk zonasi minimal 50 persen, afirmasi minimal 15 persen, perpindahan orang tua atau wali maksimal lima persen dan jalur prestasi menyesuaikan apabila ada sisa kuota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar