Pengetahuan Bertambah Melalui Museum Keliling

KBRN, Palangka Raya : Target dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng melalui pihak UPT Museum Balanga pada tahun depan berkunjung ke Kabupaten Murung Raya untuk memperkenalkan benda-benda koleksi yang tersimpan di museum terbesar di Bumi Tambun Bungai ini kepada masyarakat terutama generasi muda, baik SMP maupun SMA. 

Hal tersebut juga merupakan salah satu upaya dari pihak UPT Museum Balanga, guna menumbuh kembangkan serta memperkenalkan koleksi, adat istiadat dan pola hidup masyarakat Suku Dayak pada zaman dulu melalui kegiatan museum keliling. 

Menurut Kasi Penyajian Tata Pameran dan Pelayanan UPT Museum Balanga, Richard Jimmy, Sabtu (28/5/22), tujuan dari museum keliling agar masyarakat yang ada di kabupaten-kabupaten terjauh, bisa langsung melihat koleksi benda milik museum tanpa harus ke Palangka Raya. 

"Kita yang mendatangi mereka. Diharapkan tahun depan, jika pandemi berakhir, kita akan undang sekolah dengan jumlah siswa 100 orang. Karena sebelumnya akibat Covid-19 ini, jadinya terbatas," ujar Jimmy. 

Ditambahkannya, wilayah kabupaten terjauh sudah dikunjungi yakni Kabupaten Lamandau, Seruyan, Gunung Mas dan Sukamara. Sehingga efek dari museum keliling tersebut, banyak pengetahuan baru yang didapat oleh masyarakat. 

"Kita sudah memberikan usulan agar dapat mengunjungi museum minimal setahun sekali. Hasil dari kunjungan kami juga ada salah satu kabupaten terjauh yang sudah mengunjungi langsung ke Palangka Raya yakni Sukamara," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar