Pemprov Bantu Benih Unggul untuk Petani Terdampak Penyakit Tungro

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan membantu penyediaan benih padi varietas unggul bagi para petani yang lahannya terkena serangan penyakit tungro di Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Kalteng, Riza Rahmadi, mengatakan Gubernur Sugianto Sabran akan membantu penyediaan benih padi unggul nasional. 

Kepala Dinas TPHP Kalteng menekankan saat mulai melaksanakan musim tanam pada periode selanjutnya, para petani diwajibkan menggunakan benih varietas unggul guna memutus siklus penyakit tungro tersebut.

"Kita sudah melakukan pendataan di lapangan untuk kita ikutkan petani-petani kita yang terkena penyakit tungro ini untuk menggunakan varietas unggul nasional di musim tanam yang akan datang. Benih padi varietas unggul yang dimaksud, di antaranya seperti Inpari 32. Memang untuk benih padi lokal yang digunakan petani sekarang kurang tahan terhadap penyakit tungro tetapi berasnya memiliki rasa yang enak dan harga jualnya juga bagus," tuturnya, Jum'at (27/5/2022).

Riza Rahmadi menjelaskan yang terkena serangan penyakit tungro semuanya merupakan benih varietas lokal, seperti karang dukuh, mayang sari, siam unus dan lainnya. 

Data Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah serangan penyakit tungro di Kapuas untuk kategori ringan sebanyak 1.475 hektare, sedang 623 hektare, berat 1.049 hektare, serta puso 5 hektare. 

Lebih lanjut Riza menjelaskan, Gubernur Sugianto Sabran telah menginstruksikan kepada bupati/wali kota untuk mengoptimalkan perlindungan kepada para petani hingga peternak dengan asuransi pertanian. (Foto: MMC Kalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar