Polda Kalteng Akan Berlakukan Pergantian Pelat Hitam Ke Putih

KBRN, Palangka Raya : Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan perseorangan yang semula berwarna dasar hitam, akan diganti dengan warna dasar putih. Hal tersebut sebagaimana mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Regident) Kendaraan Bermotor.

Kepada RRI, Direktur Lalulintas Polda Kalteng, Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K menjelaskan Kebijakan perubahan warna plat nomor kendaraan bermotor akan dimulai pada Juni 2022. Perubahan tersebut akan dimulai dari kendaraan baru dan baru terdaftar, kendaraan yang melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan, balik nama dan kendaraan yang memang ada perubahan pada NRKB-nya.

"Kebijakan ini mengacu pada Peraturan Kepolisian nomor 7 tahun 2021 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor, menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Melalui kebijakan itu, pemerintah memutuskan untuk mengganti warna pelat nomor kendaraan yang tadinya menggunakan dasar hitam menjadi putih,"terang Dirlantas, Jumat (27/05/2022).

Menurut Dirlantras Polda Kalteng ini alasan pergantian warna plat nomor kendaraan untuk mendukung program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enformcement (ETLE). 

"Karena kamera ETLE kesulitan untuk mengidentifikasi plat nomor kendaraan yang berwarna hitam dengan teks putih dan memudahkan untuk melacak tabrak lari,"ujarnya.

Sementara, warga, Hadi sangat mendukung program polda Kalteng ini, "menurut saya apa yang aka dilakukan pihak kepolisian tentu sudah berdasarkan aturan dan bermanfaat bagi masyarakat juga, tentu terkait kelancaran dan ketertiban berlalulintas serta menjaga kamtibmas,"tuturnya.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir perubahan ini akan berujung pada kenaikan biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Karena PNPB-nya masih mengacu pada peraturan Pemerintah nomor 76/2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar