Kelurahan Langkai Penggerak Tim Gabungan, Memperbaiki Rumah Wanita ODGJ

KBRN, Palangka Raya : Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya bersama dengan masyarakat setempat, secara swadaya melakukan gotong royong memperbaiki rumah orang dengan gangguan jiwa atas nama ainun.

“Rumah yang ditempati Ainun kondisinya tidak layak dan memprihatinkan, selama bertahun tahun tinggal di atas genangan air tergenang, seperti comberan, akibat sekeliling rumah tak berdinding dan atap bocor, mirisnya lagi wanita ODGJ tersebut tinggal bersama dengan 4 orang anaknya,” Kata Sriwanti Lurah yang memiliki kepekaan sosial tinggi. Kamis (26/5/22)

Ia menambahkan, Untuk membantu perbaikan rumah, Lurah Langkai dibantu tim tanggap darurat 112 dari damkar Palangka raya dan masyarakat setempat, melakukan pengurukan dan semenisasi terhadap kondisi yang dianggap memprihatinkan, hingga rumahnya layaknya ditempati manusia.

Hal senada diungkapkan, Kasi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Damkar Kota Palangka Raya Sucipto yang turut serta membantu perbaikan rumah wanita ODGJ. Ia merasa miris dengan kondisi kelayakan rumah Ainun, sebab selama bertahun tahun tinggal di rumah dengan kondisi tergenang air bekas limbah pembuangan.

“Sudah selayaknya masyarakat terdekat membantunya keluar dari kehidupan sulit dan hidup di rumah selayaknya manusia,” Katanya

Ia mengapresiasi langkah Lurah Langkai, sebagai penggerak gotong royong secara swadaya, terbukti setelah turun langsung ke lokasi, bantuan berupa material baik semen, pasir uruk dan sejenisnya mengalir guna membantu kehidupan Ainun wanita ODGJ yang hidup di rumah tidak layak huni. ia berharap kepada masyarakat lainya ikut tergerak hatinya di masa ekonomi sulit, untuk saling peduli terhadap sesama warga yang membutuhkan bantuan, minimal menyampaikan kepada Lurah dan RT sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar