Masyarakat Diajak Bijak Mengelola Sampah

KBRN, Palangka Raya : Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya Reja Framika mengajak seluruh masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah rumah tangga maupun lingkungan.

“Jadi bijak mengelola sampah dalam hal ini masyarakat bisa memilah sampah terlebih dahulu sebelum membuangnya. Karena sampah ada yang bernilai ekonomis,” katanya, Senin (23/5/2022).

Ia mencontohkan sampah bernilai ekonomis seperti botol air mineral, kardus dan kertas. Sampah – sampah tersebut tidak langsung dibuang, akan tetapi lebih baik di sortir terlebih dahulu, dimana sampah ekonomis bisa di setor ke pengepul atau ke lokasi bank sampah terdekat.

“Paling penting masyarakat harus bisa membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai membuang di sungai, pengaringan ataupun di saluran air sejenisnya,”tukasnya.

Dijelaskan Reja, terjadi genangan air di sejumlah lokasi pemukiman Kota Palangka Raya, tidak hanya akibat intensitas hujan yang tinggi, akan tetapi juga di beberapa daerah pemukiman ada drainase yang tertutup oleh sampah. Maka dari itu kesadaran masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya sangat diperlukan.

“Karena itu masyarakat Kota Palangka Raya harus bijak mengelola sampah. Mulai dari pemilihan sampah hingga membuang sampah di depo – depo terdekat,” pungkasnya. (SUMBER : MEDIA CENTRE PALANGKA RAYA / MC. Isen Mulang.1/wspd)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar