Warga Serbu Makanan Dan Minuman Gratis, Pedagang Untung Banyak

KBRN, Palangka Raya : Hanya hitungan menit tiga puluh ribu makanan dan minuman yang disediakan Dinas dan Pedagang dalam rangka meriahkan HUT ke 65 Provinsi Kalimantan Tengah habis dibagikan kepada warga yang menghadiri pesta rakyat makan gratis. Senin (23/05/2022).

Makanan dan minuman dibagi mulai pukul 9.30 wib, setelah Selesai upacara dan Gubernur membuka secara resmi pesta rakyat makan gratis ini. Dibukanya secara resmi warga yang sudah menunggu lama yang sangat antusias ingin menikmati makanan dan minum langsung memadati stan-stan sepanjang jalan G.Obos depan SMAN 3 samping Kantor Gubernur.

Kebahagiaan dan keceriaan terpancar diraut wajah warga yang mendapatkan makanan dan minuman yang ada, namun sangat disayangkan pembagian makanan dan minuman tidak teratur, sehingga makanan dan minum pembagiaannya tidak merata.

"Adanya pesta rakyat makan gratis ini menguntungkan bagi para pedagang dan ketring, seperti yang dirasakan Pedagang minuman kedai Tilung Raya yang turut meramaikan pesta rakyat makan minum gratis, Kedai Tilung Raya menyediakan 500 minuman segar seperti es buah, es timun, es jeruk dll," ungkap ibu indra disela-sela menjaga stannya.

Menurur ibu indra kegiatan seperti ini sangat menguntungkan bagi dirinya termasuk para pedagang, dimana 350 porsi aneka minuman dipesan panitia untuk disediakan dan dibagikan ke warga, ini diborong oleh panitia, dalam sehari mendapat keuntungan 1juta, biasanya satu porsi dijual seharga 5-7ribu rupiah.

"harapannya pemerintah dapat memperhatikan rakyat kecil khususnya para pedagang kecil, apalagi dizaman transisi ini dari pandemi ke endemi, bagaiamana caranya pedagang diberi wadah untuk berjualan minimal mengadakan kegiatan seperti ini, agar membangkitkan perekonomian di Kalteng,"harapnya.

Ditempat yang sama, Murawati Koordinator stan Dinas BPBD Kalteng, pihaknya telah menyediakan 1.000 nasi kotak, berisikan ikan, sayur, nasi dll, dibagikan ke masyarakat yang hadir, ini semata-mata untuk menyemarakkan HUT Kalteng ke 65, meskipun masak sendiri bersama tim masak, mereka merasa senang menyediakan makanan untuk disajikan dan berbagi pada sesama. 

"kegiatan ini tentu berdampak positif bagi para pedagang dan ekonomi Kalteng, ada kegiatan ini ekonomi di Kalteng mulai menggeliat. Harapan kedepan ekonomi Kalteng semakan bangkit dari keterpurukan selama dua tahun lalu,"ungkapnya.

Setiap Dinas menyediakan 1.000 porsi makanan dan minuman, sehingga sekitar 30 ribu makanan dan minuman tersedia di stan-stan yang disediakan panitia. Makanan disajikan dalam kotak, sedangkan minuman disediakan di gelas plastik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar