Barsel Putra Putri Raih Juara 1 Mangaruhi FBIM 2022

KBRN, Palangka Raya : Salah satu lomba tradisional yang menjadi perhatian masyarakat dalam  Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2022 yakni Mangaruhi.Lomba ini dilaksanakan di UPT Taman Budaya Jalan Temanggung Tilung, Kota Palangka Raya, diikuti sejumlah kontingen kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah, Sabtu (21/5/22).

Menurut Koordinator Lomba, Hasanudin, Mangaruhi adalah cara unik dari suku Dayak dalam menangkap ikan. Cara ini dilakukan secara tradisional di kolam dengan cara mengeruhkan air. "Lantas karena kondisi air yang keruh membuat ikan lemah sehingga lebih mudah untuk ditangkap dengan menggunakan tangan kosong," ujarnya.

Dalam Lomba Mangaruhi ini, peserta dibagi menjadi dua kategori putra dan putri. Masing-masing beranggotakan dua orang.Dengan waktu yang ditentukan oleh panitia, para peserta diharuskan menangkap ikan di dalam kolam. Para peserta menyediakan bakul untuk menyimpan ikan hasil tangkapan.

Dalam lomba ini tim putri dari Kabupaten Barito Selatan berhasil memperoleh ikan terbanyak dan menjadi juara pertama. Sementara juara kedua dari Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Murung Raya memperoleh juara ketiga.Mengaruhi kategori putra, Kabupaten Barito Selatan juga berhasil keluar sebagai juara pertama, disusul Kabupaten Kapuas juara kedua dan Kabupaten Barito Utara menggondol juara ketiga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar