Cuaca Ekstrem Dapat Terjadi Pada Masa Transisi

KBRN, Palangka Raya : BMKG Palangka Raya mengingatkan masyarakat terhadap Fenomena terjadinya hujan secara mendadak dan terik panas melebihi 30 derajat celcius. Kepala BMKG Palangka Raya Catur Winarti menyebut, terjadinya hujan deras dalam beberap hari terakhir di sebagian wilayah kalteng termasuk Palangka Raya dipengaruhi adanya la nina, menyebabkan curah hujan meningkat sehingga dataran rendah terendam banjir.

"Saya mengingatkan masyarakat, bahwa kemarau kering akan melanda kalteng pada bulan agustus, daerah yang dianggap rawan karhutla diminta terus dipantau dan dipadamkan apabila ditemukan titik panas, agar bencana kabut asap parah tidak terulang kembali.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Palangka Raya Heri fauzi sudah menyiapkan personil guna mengantisipasi bencana alam baik banjir dan karhutla. Selain itu bpbd sudah membentuk sejumlah kelurahan tanggung menghadapi bencana alam, terbaru akan dibentuk di kecamatan bukit batu.

"Ada 3 kawasan rawan karhutla yakni kecamatan jekan raya, pahandut, dan sebangau, rata rata kawasan tersebut lokasinya strategis dan diincar oknum pembakar lahan sebagai pembukaan areal perumahan dan perkebunan. untuk itu pihaknya selalu memantau dan patroli bersama petugas gabungan, agar bencana karhutla dapat diantisipasi," Tukasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar