Minat Baca Masyarakat Perlu Ditingkat Melalui Perpustakaan

KBRN,Palangka Raya : Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah Minggu (220522) mendorong adanya peningkatan minat baca masyarakat melalui perpustakaan terutama di daerah. Siti Nafsiah mengatakan, budaya literasi atau membaca harus dapat menjadi perhatian dan dilestarikan khususnya bagi anak-anak usia sekolah yang saat ini minat untuk membaca sudah tergolong kurang akibat kemajuan teknologi yang begitu pesat. "Kebanyakan anak-anak yang kita lihat saat ini lebih cenderung banyak memainkan smart phone dibandingkan dengan membaca, padahal membaca ini sangat penting apalagi bagi anak-anak usia dini," ucap Nafsiah

Keberadaan perpustakaan khususnya di daerah menjadi hal yang sangat penting untuk mendorong minat baca masyarakat terutama anak-anak. Oleh karena itu, pemda harus dapat berinovasi dalam upaya mengembangkan perpustakaan daerah supaya diminati.

Sarana dan parasarana atau fasilitas pendukung perpustakaan harus dapat diperhatikan dengan mengikuti perkembangan zaman, sehingga dengan begitu minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan bisa meningkat. Karena saat ini masih banyak perpustakaan di daerah yang jauh tertinggal baik dari segi sarana dan prasrana atau fasilitas pendukungnya.

Jika ingin perpustakaan banyak dikunjungi hal-hal penting yang berkaitan untuk menarik minat masyarakat itu harus diperhatikan. Tidak hanya itu, perpustakaan desa juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, sebab untuk saat ini banyak desa yang membutuhkan perpustakaan sebagai sarana meningkatkan minat baca masyarakat atau anak-anak di wilayah pedesaan.

Dijelaskan Siti Nafsiah buku merupakan saran informasi penting khususnya bagi anak-anak sekolah untuk mendapatkan ilmu pengetahuan terlebih di desa-desa. Harapan kita jangan sampai budaya membaca itu tergerus oleh perkembangan zaman, memang pada dasarnya melalui smart phone kita juga bisa membaca, tapi bagi anak-anak itu lebih baik membaca buku, karena dari situ akan menambah pengetahuannya. (Sumber: Borneo News )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar