Kejar Target Penurunan Angka Stunting BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah

KBRN, Palangka Raya : Kejar Target Penurunan angka stunting BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah adakan acara internalisasi pengasuhan balita dalam rangka percepatan penurunan stunting bagi Ketua RT/RW Kelurahan Bukit Tunggal. 

Plt Perwakilan BKKBN provinsin Kalimantan Tengah dr.M Fitriyanto Leksono, M.si mengatakan Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam waktu yang lama ditandai dengan tubuh pendek, yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak. 

"Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah,"ungkapnya, Minggu (22/05/2022).

Stunting disebabkan oleh faktor multidimensi yang meliputi praktek pengasuhan yang tidak baik, terbatasnya layanan kesehatan, kurangnya akses ke makanan bergizi, serta kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi. 

"Yang sangat rentan yaitu Anemia,"sebutnya.

Di sisi lain Pak camat Jekan Raya, Tri Otomo Menyampaikan Terkait adanya program pemerintah tentang program stunting. 

"Kecamatan Jekan Raya sangat pro aktif, karena Jekan Raya ini kan menerima apa yang sudah menjadi program Dinas Dalduk, Lewat PLKB juga Pro aktif ke Masyarakat, jadi kecamatan kita ber kordinasi dengan Bapa/ibu Lurah sudah membikin satgas juga yang terkait dalam percepatan stunting juga.

Ada tiga kegiatan terkait tentang stunting ini yang di fasilitasi oleh bidang Dalduk dengan mengoptimalkan sumber daya manusia yang ada.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar