Warga Antusias Menyaksikan Lomba Mangaruhi FBIM 2022

KBRN, Palangka Raya : Sejumlah orang perempuan usia muda dan paruh baya, tampak terlihat tengah mengendap-ngendap dengan muka serius pada sebuah kolam yang terlihat keruh dan penuh lumpur.

Mereka terlihat mencari dan meraba sesuatu. Sesekali raut wajahnya menyeringai seolah kaget bercampur geli, ketika meraba sesuatu yang dicari dalam air kolam yang tampak sekali keruh tersebut.

Pemandangan itu adalah sisi dari kegiatan lomba Mangaruhi, yakni sebuah lomba tradisional khas Dayak, yang diperlombakan pada even akbar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) di tahun 2022

FBIM dalam rangka memperingati hari Provinsi Kalteng ke-65 Tahun 2022 ini kembali bisa digelar di Palangka Raya, mulai dari tanggal 17 sampai dengan 22 Mei 2022, setelah sempat vakum dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Kembali terkait lomba Mangaruhi di FBIM tersebut, dimana menurut salah satu koordinator mata lomba olahraga tradisional pada FBIM 2022, Suraji, Mangaruhi itu bagi suku Dayak adalah sebuah tradisi budaya, yang memang secara turun temurun selalu dilakukan, manakala dilingkungan masyarakat ada kegiatan tradisi budaya atau ritual maupun kegiatan masyarakat dalam beragam kegiatan seni dan budaya.

Mangaruhi itu sendiri diidentikan dengan teknik mencari atau menangkap ikan dengan hanya menggunakan tangan kosong, dimana harus dilakukan pada sebuah kolam yang berlumpur. Bagi mereka yang mangaruhi harus mengaduk-aduk (mangaruhi ) lumpur kolam tersebut, dengan harapan ikan-ikan yang ada di dasarnya menjadi mabuk akibat terkena keruh atau hempasan lumpur air kolam. Dengan begitu ikan muncul dan mudah untuk ditangkap dengan tangan.

Biasanya ketika kegiatan mangaruhi ini dilakukan, pihak pelaksana dengan memasukkan terlebih dahulu puluhan ekor jenis ikan yang akan ditangkap pada saat mangaruhi digelar. Biasanya, ikan gabus (haruan) atau ikan lele “Pada even FBIM ini, maka jenis ikan telah ditentukan, termasuk durasi lamanya waktu saat lomba,”jelas Suraji.

Adapun dari pantauan dilapangan, lomba Mangaruhi pada FBIM 2022 yang digelar Sabtu (21/5/2022) pagi, mendapat perhatian masyarakat yang memenuhi di area lapangan Taman Budaya Kalteng Jalan Temanggung Tilung Palangka Raya.

Istimewanya saat itu, lomba Mangaruhi mematik perhatian Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi istrinya Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran. Tampak hadir pula menyaksikan anggota DPR Ri yang juga Ketua Dewan Dayak (DAD) Kalteng, H. Agustiar Sabran bersama istrinya. (SUMBER : MEDIA CENTRE PALANGKA RAYA/ MC. Isen Mulang.1/nd)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar