Festival Mangenta Kalteng Pecahkan Rekor Dunia MURI

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meraih penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas prosesi tradisi Mangenta dengan peserta terbanyak. 

Senior Manager MURI, Awan Rahargo, mengatakan dari hasil pencatatan sebanyak 1.034 orang menjadi peserta Mangenta pada Minggu (22/5/2022) di Bundaran Besar Palangka Raya. 

Awan Rahargo menambahkan tradisi Mangenta yang hanya ada di Kalimantan Tengah tidak hanya dicatat memecahkan rekor peserta terbanyak di tingkat nasional namun juga tingkat dunia. 

Kenta merupakan kudapan yang dibuat para petani di Kalteng pada saat musim panen padi tiba. Proses pembuatan Kenta yang disebut Mangenta ini, lanjut Senior Manajer MURI, perlu diperkenalkan kembali kepada masyarakat luas khususnya yang berada di Kalteng.

"Tadi kami juga sempat mewawancarai beberapa peserta yang ternyata baru pertama kali mengetahui trandisi Mangenta ini.Yang mana selama ini mereka tidak tahu bagaimana proses pembuatannya, tapi hanya tahu cara makannya. Inilah salah satu wujud pelestarian budaya yang harus kita jaga dan kita lestarikan," ujarnya. 

Sementara itu sebagai penerima penghargaan, pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S Ampung, mengapresiasi dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam menyukseskan acara pemecahan rekor dunia MURI untuk Tradisi Mangenta. 

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada semua masyarakat Kalteng dari kabupaten/kota yang ikut berpartisipasi semua elemen masyarakat pada acara memecahkan rekor dunia MURI pada hari ini. Dan dari pencatat dari Rekor MURI dunia hari ini terpecahkan itu. Jadi bukan hanya rekor MURI yang biasa saja tetapi ini satu-satunya yang memecahkan rekor dunia. Ini suatu kebanggaan bagi kita semua Pemrov Kalteng dan pada momen hari jadi ke-65 tahun Kalteng. Luar biasa. Kalteng Semakin Berkah," ucapnya. 

Festival Mangenta yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada waktu dan tempat yang bersamaan dengan Car Free Day Bundaran Besar Palangka Raya memang terlihat sangat dipadati peserta dan pengunjung. 

Acara Mangenta dibuka langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang hadir bersama istri serta petinggi di lingkup Pemprov Kalteng. Festival Mangenta merupakan salah satu rangkaian acara menyambut Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah yang tepatnya pada tanggal 23 Mei 2022. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar