Perwakilan Palangka Raya dan Kotim Dinobatkan Sebagai Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng 2022

KBRN, Palangka Raya : Rangkaian kegiatan Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022 diakhiri dengan Grand Final yang diselenggarakan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/5/22) malam. 

Event ini merupakan salah satu rangkaian memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 untuk mendapatkan pasangan duta wisata yang berkompeten sebagai ujung tombak promosi wisata, seni dan budaya. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kalteng, Adiah Chandra Sari, mengatakan untuk pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng dilaksanakan dalam kurun waktu empat hari dari tanggal 17-20 Mei 2022 secara hybrid.

Dengan beberapa kategori penghargaan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng, yakni terbaik, Wakil I dan Wakil II, Best Catwalk, Intelegensia, Busana Terbaik, Favorit, Persahabatan, Fotogenik, Social Media, Berbakat dan Kebudayaan. 

"Ada 11 pasangan dari kabupaten dan kota se-Kalteng yang mengikuti. Seperti kita ketahui, dalam memajukan serta mempromosikan kebudayaan pariwisata diperlukan dukungan dari berbagai pihak termasuk kaum muda milenial. Sehingga mereka ini terus dibina agar cita-cita dan tujuan yang kita harapkan bersama dapat terwujud," ujar Kadisbudpar Kalteng. 

Sementara itu, Ketua Tim Juri Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai, Pahit Narotama, menyebut penilaian yang diberikan pihaknya sangatlah objektif. Menurutnya beberapa kriteria menjadi penentu dari kesebelas pasangan tersebut bisa masuk lima besar, kemudian tiga besar dan akhirnya terpilih menjadi duta Kalteng di bidang kebudayaan dan pariwisata.

"Semua baik dan kita harus memilih yang terbaik. Semua memiliki potensi yang luar biasa dan kami sebagai tim juri menyerahkan hasil penilaian ini kepada pembawa acara untuk dibacakan," ungkapnya. 

Berdasarkan keputusan juri, akhirnya terpilih lah Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Tahun 2022 yakni finalis jagau asal Kota Palangka Raya dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Wakil I dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Pulang Pisau dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Gunung Mas. 

Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata Kalteng Wakil II dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Barito Selatan dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Pulang Pisau. 

Kategori Best Catwalk dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Sukamara dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Kategori Intelegensia diraih oleh finalis jagau asal Kabupaten Lamandau dan finalis bawi nyai asal Kota Palangka Raya.

Kategori Busana Terbaik dimenangkan oleh finalis jagau dan bawi nyai asal Kabupaten Murung Raya. Sedangkan Kategori Favorit  diraih oleh finalis jagau asal Kabupaten Barito Selatan dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sementara, Kategori Persahabatan dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kotawaringin Timur dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Lamandau. 

Kategori Fotogenik dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Gunung Mas dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Sukamara.

Kategori Sosial Media dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Barito Selatan. 

Selanjutnya Kategori Berbakat dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Kapuas dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Katingan. 

Terakhir, kategori kebudayaan dimenangkan oleh finalis jagau asal Kabupaten Katingan dan finalis bawi nyai asal Kabupaten Kapuas. 

Malam Grand Final dihadiri Istri Wakil Gubernur Kalteng, Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Alvina Fairid Naparin serta Istri Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, Aisyah Thisia Agustiar Sabran. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar