Kalteng Miliki Banyak Pelaku Seni Rupa Potensial

KBRN, Palangka Raya: Hampir satu minggu ini Gedung Pameran UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah diramaikan pengunjung yang melihat pameran karya perupa Kalteng.

Perupa Kalteng mulai dari yang berusia belia sampai lanjut usia memajang bahkan menjual hasil karya mereka bagi pengunjung yang berminat selama pameran yang berlangsung 14-22 Mei 2022. 

Ketua DPW Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Kalimantan Tengah, Natalia, mengatakan selama ini perupa Kalteng tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk memamerkan karya seninya. 

"Banyak seniman seni rupa yang ada di Kalteng memang cukup banyak sebenarnya, hanya saja karya seni mereka agak terbatas untuk dipamerkan. Mungkin keterbatasan finansial maupun tempat-tempat yang dibutuhkan untuk lokasi pameran. Dan juga selama pandemi Covid-19 ini dibatasi. Mudahan ke depan ada perhatian dari pemerintah terutama instansi terkait juga kami berharap dari Disbudpar serta DPRD Provinsi Kalteng mendukung penuh kegiatan-kegiatan seperti ini," ujarnya di Gedung Pameran UPT Taman Budaya Kalteng. 

Natalia berharap pameran seni rupa dapat dilaksanakan secara kontinyu. Masyarakat juga diharapkan dapat mendukung dengan membeli produk yang dijual perupa Kalteng untuk membantu mereka menghasilkan karya-karya lainnya di masa mendatang. 

Di tempat sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, mengakui hasil karya perupa Kalteng sangat luar biasa. Bahkan ia berharap, karya perupa Kalteng dapat menjangkau penikmat seni rupa yang lebih luas. 

"Jadi saya berharap ini tidak hanya pameran secara langsung seperti ini. Barangkali nanti kita bisa buat terobosan, mungkin pameran virtual. Kita adakan pameran secara digital dengan hasil karya para perupa Kalteng. Sehingga hasil karya mereka ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat yang hanya bisa datang ke tempat langsung tapi juga oleh mereka yang melihat digital melalui media digital, sehingga itu jangkauannya akan lebih luas. Itu nanti barangkali yang akan kami bicarakan setelah ini. Dan itu merupakan support dari Pemprov dalam hal ini Disbudpar," ujarnya. 

Adiah Chandra Sari menambahkan Gedung Pameran UPT Taman Budaya yang megah bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya perupa untuk memajang karya mereka. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar