Besei Kambe, Lomba Unik yang Tak Pernah Sepi Penonton

KBRN, Palangka Raya: Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 dimeriahkan dengan berbagai jenis perlombaan olah raga tradisional, satu diantaranya adalah Besei Kambe. Lomba ini digelar di tepian Sungai Kahayan/bawah Jembatan Kahayan, Jumat (20/5/2022).

Ada 8 kabupaten/kota yang mengikuti lomba Besei Kambe, untuk Kategori Putra yakni Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Katingan, Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas, Pulang Pisau, Lamandau dan Barito Timur. Sedangkan Kategori Putri diikuti 5 Kabupaten yakni Kabupaten Barito Utara, Murung Raya, Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas, dan Lamandau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari, mengatakan lomba Besei Kambe ini sangat menarik dan unik sebab hanya Provinsi Kalteng yang mengadakan lomba Besei Kambe.

Adiah berharap ke depannya bisa mengundang atau mengajak provinsi lain untuk mengikuti lomba ini.

“Lomba ini sangat menarik. Saya ingin kita warga Kalteng agar ini bisa dikenal oleh nasional bahkan mancanegara. Jadi tidak hanya orang Kalteng saja yang bertanding tetapi kita coba membuat standar Juknis (petunjuk teknis) agar bisa mengajak orang luar ikut,” tutur Adiah.

Lebih lanjut, salah satu peserta dari Kontingen Kabupaten Katingan, Jun Heldi, yang diwawacara setelah masuk final mengatakan bahwa sudah mempersiapkan diri mengkuti lomba sejak beberapa bulan lalu. 

“Kami berharap Kontingen Katingan bisa menjadi juara pada lomba ini,” ucapnya seperti dikutip dari MMCKalteng.

Besei Kambe adalah olahraga tradisional yang biasanya dilakukan 2 orang dalam 1 kelompok dengan cara mendayung saling berlawanan arah dalam 1 perahu dengan kelompok lawan. 

Sepintas lomba ini seperti tarik tambang, karena pemenangnya harus melewati tanda khusus yang sudah diberi tanda batas, biasanya dari seutas tali. Jika dalam babak pertama 1 kelompok kalah, maka bertukar posisi untuk kembali saling mengalahkan.

Ketika lomba Besei Kambe berlangsung, ribuan warga tertarik untuk datang menyaksikan langsung. Mereka pun spontan berteriak memberikan dukungan bagi semua peserta. 

Ada 3 orang Juri lomba Besei Kambe FBIM 2022 yakni Rudit, Hardelis dan Sudarman.

Untuk juara lomba Besei Kambe kategori Putra dimenangkan Kabupaten Katingan untuk juara I, Gunung Mas juara II, dan Pulang Pisau juara III. Sedangkan kategori Putri untuk juara I dari Kabupaten Barito Utara, juara II Gunung Mas, dan juara III Kota Palangka Raya. (Sumber: MMCKalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar