Teknologi Tepat Guna untuk Kawasan Food Estate

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan peran Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dalam mendukung program ekstensifikasi maupun intensifikasi pertanian di kawasan food estate dapat lebih ditingkatkan. 

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S. Ampung, mengatakan hal tersebut usai acara pisah sambut Kepala BPTP Kalteng yang lama yakni Syamsuddin kepada Kepala BPTP Kalteng yang baru Dedi Irwandi pada Kamis (20/5/2022). 

"Kalteng sedang melaksanakan PSN Food Estate. Kita harapkan peran yang sudah dilakukan BPTP selama ini bisa ditingkatkan lagi. Terutama untuk ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian yang ada di lokasi Food Estate, sehingga program ini bisa meningkatkan penghasilan petani kita dan meningkatkan ketahanan pangan kita di Kalteng dan berkontribusi untuk nasional," ujarnya. 

Leonard S. Ampung menambahkan kondisi lahan pertanian Kalteng yang spesifik lahan rawa memerlukan sentuhan teknologi dari BPTP. 

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kalteng ini menyebut selama ini hasil optimal Food Estate kebanyakan berasal dari lokasi eksisting lama. Sementara di lahan-lahan yang baru dibuka juga diharapkan bisa cepat siap ditanami padi.

Sementara itu, Kepala BPTP Kalteng yang lama, Syamsuddin, mengakui kondisi spesifik di Kalteng kerap menjadi kendala. 

Namun dengan inovasi teknologi yang tepat maka hasil produksi dapat ditingkatkan. 

"Memang salah satu kendala kita di sini memang kita punya wilayah yang sangat spesifik banyak faktor pembatas terutama dari segi iklim, air dan tanah yang memiliki PH yang masih di bawah. Sehingga kita masih di jajaran 3-4 ton per hektar. Tapi di beberapa titik yang sudah baik inovasinya di situ bahkan bisa dua kali lipat, 5-8 ton," ujarnya. 

Untuk itu, menurut Syamsuddin, Kepala BPTP Kalteng yang baru punya tanggung jawab untuk menjawab kebutuhan inovasi yang lebih spesifik lagi di lahan-lahan yang tersedia. 

Sebab menurutnya, petani juga sangat dipengaruhi daya hasil.

Apabila biaya tetap tetapi hasil produksi dapat meningkat, maka petani akan menjadi bersemangat. 

"BPTP ini diberi mandat untuk mengawal seluruh daerah di Kalteng tidak hanya PSN itu," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar