Kalteng Trade Expo Rencana Digelar Kembali Juni 2022

KBRN, Palangka Raya: Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berencana mengadakan kembali Kalteng Trade Expo. 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah, Aster Bonawati, mengatakan pihaknya memang masih belum menentukan tanggal pasti pelaksanaan namun diupayakan digelar bulan depan. 

"Jadi kita masih mau cari tanggalnya kami usahakan di bulan Juni. Masih tumpang tindih dengan kegiatan lain gitu, jadi saya takutnya malah nanggung ya. Nggak maksimal gitu. Kita maunya diadakan karena kabupaten/kota juga sudah mulai siap-siap kalau memang ada mereka sudah siap. Jadi kita masih mengupayakan di bulan Juni lah, insya Allah," ujarnya. 

Aster Bonawati mengatakan Kalteng Trade Expo 2022 rencananya kembali digelar di komplek Pameran Jalan Temanggung Tilung. 

Pemerintah kabupaten/kota juga sudah diminta bersiap menampilkan produk terbaiknya dalam Kalteng Trade Expo. 

Pihak Disdagperin Provinsi Kalimantan Tengah juga akan mengundang provinsi-provinsi lain di Indonesia untuk mengikuti pameran bagi pelaku UMKM tersebut. 

Diharapkan, Kalteng Trade Expo yang akan dilaksanakan bulan Juni masih menjadi rangkaian Hari Jadi ke-65 Kalimantan Tengah. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalteng, Frans Martinus, mengatakan Kalteng Trade Expo bisa jadi kesempatan yang baik bagi pengusaha untuk mengenalkan produk hasil inovasinya. 

"Kalau memungkinkan untuk ikut berpartisipasi ada produk yang ditawarkan, ada kesempatan untuk kita berinovasi di situ saya pikir ini momentum yang baik. Tapi kan tidak semua sektor bagus pemulihannya. Ada yang memang masih berat, ada yang sudah agak ringan, ada yang justru malah running. Ya ini momentum untuk berpartisipasi yang penting kalau bisa ya produknya tidak itu-itu lagi," ujarnya kepada RRI, Kamis (19/5/2022). 

Frans Martinus mengatakan kegiatan-kegiatan untuk pemulihan perekonomian harus tetap mencermati kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Menurutnya, upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi harus didukung. Bahkan Ketua APINDO Kalteng ini berharap agar kegiatan pertemuan bisnis dan investasi harus diperbanyak di samping kegiatan rutin tahunan dalam rangka Hari Jadi pemerintah daerah. 

Dengan demikian, lanjutnya, semakin banyak investor dari luar negeri yang menanamkan modalnya di Indonesia khususnya di Kalimantan Tengah. 

Frans Martinus menyampaikan harapan agar pemerintah daerah juga dapat melibatkan asosiasi profesi atau asosiasi pengusaha dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang berorientasi untuk meningkatkan produktivitas dan menggerakkan perekonomian masyarakat. (Foto: kemenkumham)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar