Lomba Lagu Daerah FBIM 2022 Tampilkan Kreativitas Bermusik

KBRN, Palangka Raya: Lomba Lagu Daerah dalam rangkaian Festival Budaya Isen Mulang diselenggarakan di UPT Taman Budaya Palangka Raya, Kamis (19/5/2022) malam.

Lomba Lagu Daerah diikuti oleh 4 peserta perwakilan dari kabupaten/kota yakni Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya. Tim juri diketuai oleh Philody, dan beranggotakan B. Letlora dan Reni A.E.

Koordinator Lomba Lagu Daerah, Maria Doya Aden, menjelaskan setiap peserta membawakan 2 buah lagu sekaligus, 1 lagu wajib yaitu Daha Itah Tetap Dayak ciptaan Gerhard Gere, dan 1 lagu pilihan antara lain Mandau Talawang Ciptaan Jonsen Bahat, Tumpuk Natat Ku ciptaan Gerhard Gere, Pantun si Ading ciptaan Ambang Alang, Balangan Basaling Manas ciptaan Jonsen Bahat, dan Manari Manasai ciptaan Holten Ruji.

“Selama perlombaan, aransemen lagu harus bernuansa khas budaya daerah Kalteng, dengan menggunakan instrumen musik tradisional daerah setempat sesuai dengan potensi musik yang dimiliki oleh daerahnya masing-masing, dengan durasi lagu maksimal 20 menit untuk lagu wajib dan lagu pilihan,” tutur Maria.

Maria menambahkan, kriteria penilaian dalam menentukan juara umum adalah dari aspek vokal (materi suara dan teknik vokal), kreativitas musik (aransement vokal dan musik, balance vokal dan musik), serta pertunjukan yang menyangkut koreografi, kostum, dan ekspresi musikal.

Lomba Lagu Daerah ini pun menarik perhatian masyarakat Kalimantan Tengah. Tribun penonton di UPT Taman Budaya penuh dan warga sampai ada yang berdiri di samping panggung untuk menyaksikan perlombaan yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-65 Kalteng. (Sumber: MMCKalteng)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar