Tugas Bersama Meraih Adipura 2022

KBRN, Palangkaraya : Kegagalan Pemerintah Kota Palangkaraya dalam meraih Adipura untuk kesekian kalinya, mendapat tanggapan beragam dari berbagai pihak, salah satunya dari masyarakat yang menyalahkan pemerintah kota Palangkaraya tidak maksimal dalam mengelola sampah.

Hal ini Dikatakan Sudarto, ia menyoroti banyaknya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ditutup pemerintah kemudian tidak diimbangi dengan pembangunan TPS baru, sehingga menjadi pemicu masyarakat membuang sampah disembarangan tempat, belum lagi ditambah dengan sebaran warga pendatang yang semakin pesat, menambah volume sampah semakin meningkat di sejumlah TPS.

“Jalan meraih Adipura sebenarnya mudah, asalkan masyarakat baik warga lokal dan pendatang saling sinergi menjaga kebersihan lingkungan dengan baik,” kata Darto kepada RRI.

Di tempat terpisah, Kepala  Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangkaraya Ahmad Zaini membantah, pihaknya kurang maksimal dalam mengelola sampah, menurutnya faktor kegagalan meraih adipura tidak bisa hanya diukur dari masalah sampah, namun banyak item yang perlu dibenahi, diantaraya terkait masalah kawasan permukiman kumuh, drenase dan ruang terbuka hijau, secara bertahap akan dilakukan perbaikan hingga nantinya bisa meraih adipura, apalagi Walikota Palangkaraya Fairid Nafarin memiliki komitmen kuat dan akan mengevaluasi kegagalan demi kegagalan dalam meraih adipura.

 “Pengelolaan sampah yang buruk memang berpengaruh besar terhadap penilain, namun seiring adanya perda tentang sampah, kami yakin Adipura dapat direngkuh kembali,” ujarnya. Kamis (19/5/22)

Sementara itu menyikapi kegagalan meraih Adipura, Sekretaris Satpol PP Kota Palangkaraya Martin mengatakan, tugas menjaga kebersihan sebetulnya bukan hanya dibebankan kepada pemerintah, akan tetapi semua lapisan masyarakat juga ikut bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan sekitar, minimal di Lingkungan rumahnya masing masing. Kemudian yang tak kalah penting, masyarakat harus ada rasa saling memiliki sebuah daerah, demi bersama sama mewujudkan jargon kota cantik.

“Mari kita buktikan bahwa kota Palangkaraya sebagai kota cantik dengan bersama sama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masalah kebersihan,”katanya

Seperti diketahui, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan, penghargaan Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar