Sepak Sawut Tarik Perhatian Warga dan Wisatawan Asing

KBRN, Palangka Raya: Lomba Sepak Sawut dalam rangkaian Festival Budaya Isen Mulang menarik perhatian masyarakat bahkan wisatawan asing. 

Saat pelaksanaan lomba Sepak Sawut di lapangan UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah pada Rabu (18/5/2022) malam, tampak beberapa wisatawan asing asal New Zealand yang ikut menonton secara langsung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, menyampaikan lomba sepak sawut memang sangat menarik sehingga antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk menyaksikannya.

“Ada beberapa turis dari mancanegara yang menyampaikan bahwa mereka khusus datang untuk melihat Festival Budaya Isen Mulang. Jadi salah satu yang ingin mereka tonton adalah sepak sawut ini,” ujarnya.

Adiah juga menyebut, para turis tersebut sudah datang untuk kesekian kalinya khusus untuk menonton Festival Budaya Isen Mulang. “Para turis itu berharap setiap tahun lokasi Festival Budaya Isen Mulang tidak berubah sehingga mereka bisa menyiapkan perjalanan mereka dari jauh-jauh hari ke Palangka Raya. Mereka juga berucap sepulangnya mereka ke negaranya nanti, akan mengajak lebih banyak teman-temannya untuk menonton Festival Budaya Isen Mulang di tahun depan,” ungkapnya.

“Mereka juga berharap Festival Budaya Isen Mulang ini bisa lebih dikembangkan lagi, tidak sekedar kabupaten/kota saja yang ikut, tetapi juga Regional Kalimantan. Karena secara budaya kita tidak jauh berbeda dengan Kalimantan lain, sehingga harapan ke depan sepak sawut bisa dilombakan antar Regional Kalimantan,” pungkasnya. 

Permainan Sepak Sawut sama halnya dengan bermain sepak bola pada umumnya atau futsal, dimana setiap tim terdiri dari lima orang pemain. Sedangkan luasan lapangan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan luas lapangan futsal. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dengan prosedur durasi waktu yang dipertandingkan sebanyak 2×10 menit. Bagi regu yang banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka tim tersebut yang dinyatakan sebagai pemenang. (Sumber: MMC Kalteng) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar